10 Tips Sukses Jualan Online Dari Rumah

Jualan sekarang gak perlu buka toko, Kamu cukup jualan online yang bisa kamu kerjakan dari rumah sambil mengurus anak dan gak perlu bermacet-macetan di jalan.

Tips Sukses Jualan Online Dari Rumah - Di era digital kamu bisa menemukan produk kebutuhan kamu mulai dari ujung rambut sampai jari kaki hanya dari gadget kamu.

Dengan kata lain semua produk kebutuhan kamu bisa kamu dapatkan secara online dengan mudah hanya dari handphone kamu.

Namun tentu kita pernah mendengar tidak semua orang memiliki kesempatan sukses dari jualan online.

Banyak juga online shop yang tutup di saat dimana pandemi virus corona sedang melanda negeri kita tercinta.

Tapi kami yakin tidak semua orang ingin menyerah untuk mengejar kesuksessan mereka yang pastinya akan datang bagi mereka yang ingin berusaha.

Untuk hal itu tim teknik jualan akan membocorkan kamu tips sukses jualan online agar jualan kamu makin laris.

Kenali nilai jual dari produk kamu

Apa kelebihan dari produk yang kamu jual? Pasti kamu sudah tau jawabannya yaitu harga jual terjangkau, kualitas bagus, atau produk pertama di kelasnya.

Jika kamu mendapatkan pertanyaan di atas maka kamu dapat dengan mudah menjawabnya dengan jawaban yang sudah pernah ada.

Namun kamu bisa merubah pertanyaan kamu menjadi : apa kelebihan produk kamu yang tak di miliki kompetitor anda?

Banyak dari kita pasti akan terdiam untuk memikirkan jawaban yang tepat saat kita mendapatkan petanyaan di atas.

Pertanyaan ini memang pasti akan membuat kita termenung karena kita sedang berusaha untuk mencari jawaban dari unique selling point (USP) atau nilai jual produk kamu.

Berbeda dengan kelebihan dari produk yang jumlahnya bisa lebih banyak, USP biasanya hanya satu poin saja.

Dari satu poin inilah yang nantinya akan menjadi kunci untuk membedakan bisnis yang sedang anda geluti dengan kompetitor anda.

Jika anda sekarang ingin menemukan USP, kamu perlu memprosisikan diri sebagai calon pelanggan dan coba untuk berfikir, apa yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pelanggan kamu.

Apakah produk?

Apakah lebih ke pelayanan?

Untuk lebih mudah menemukan USP yang menarik bagi produk dan toko kamu, berikut ini contoh USP yang di miliki produk bisnis kelas dunia.

  • TOMS Shoes - Memberikan sepasang sepatu untuk anak tidak mampu setiap pembelian sepasang sepatu.
  • Starbucks - Berbagai pilihan minuman kopi dengan kualitas premium
  • Zappos - Kebijakan penukaran barang yang sangat ramah untuk pelanggan
  • FedEx - Jaminan paket sampai dalam semalam
  • Domino's Pizza - Pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit

Jika kamu sudah memiliki kandidat calon USP, kamu bisa godok kembali dan sesuaikan kembali USP dengan selera calin pelanggan, kebiasaan pelanggan, trend, keputusan beli, dan tokoh panutan pelanggan.

Dengan kata lain kamu bisa kombinasikan calon USP dengan buyer persona yang mungkin sudah kamu buat. 

Buat Website Toko Online

Sebuah bisnis di sarankan untuk memiliki toko online, Kenapa bukannya sudah ada website marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, shopee, Lazada dan lainnya. 

Jadi untuk apa kita masih perlu membuat website toko online?

Membuat toko di marketplace memang jauh lebih mudah digunakan dan kamu tak butuh waktu lama untuk membuat akun dan memulai untuk menjalankan usaha.

Market place sendiri sudah memiliki trafik tinggi dan user yang banyak. Pastinya, akan jauh lebih mudah lagi bagi kamu yang ingin menjual barang dan mendapatkan pelanggan yang banyak.

Namun, hal itu yang membuat marketplace memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Di marketplace kamu akan berebut calon pelanggan dengan memasang harga murah, memberikan pelayanan yang cepat, dan membangung reputasi lewat rating serta review.

Kekurangan dari market place adalah brand kamu tidak akan di kenal dengan baik. Pelanggan hanya akan mengingat marketplace yang di gunakan dan tidak akan mengenal merek kamu.

Jika kamu ingin membangung brand awareness, maka kamu perlu memahami hal ini terlebih dulu.

Memang membuat website toko online di awal bisa di bilang sangat rumit, dan ada hal teknis yang perlu di lakukan sebelum kamu bisa go online.

Hanya saja, toko online sangat strategis untuk membangung brand. Kamu bisa mendesain website agar sesuai dengan branding yang diinginkan. Dengan itu, USP dan kelebihan produk bisa di tonjolkan dengan baik.

Dengan menggunakan toko online kamu bisa memiliki kendali atas data penjualan dan kamu dapat dengan mudahnya bisa tahu trend penjualan, demografi pembeli, serta model produk yang di sukai oleh pelanggan.

Data kontak online calon pelanggan juga bisa kamu dapatkan. Sehingga, melalui data yang kamu dapatkan kamu bisa melakukan targeting. AIstilah paling trendnya adalah kamu bisa kirim notifikasi promo atau produk baru ke pelanggan melalui email.

Segala upaya marketing bisa kamu lakukan dengan baik, dan dalam satu tampilan kamu punya kontrol untuk membuat promo, merilis kontes, memberikan layanan konsumen, manajemen inventory atau kamu bisa membuat reseller.

Di ata merupakan kelebihan dari toko online?

Jika kamu ingin membuat toko online kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini

  • Pesan domain dan hosting di SINI
  • Install CMS Wordpress
  • Pilih CMS atau platform toko online. Misalkan, Woocommerce, shopify, Prestashop atau lainnya
  • Lakukan pengaturan web dan input produk

Pelajari data

Data merupakan hal penting dalam bisnis. Saking pentingnya sebuah data, ada anggapan data adalah sebuah minyak dan analisa data merupakan mesin pembayarnya.

Kamu harus pintar-pintar mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis. Terutama data soal penjualan dan data yang berhubungan dengan upaya promosi.

Data penjualan merupakan data yang bisa kamu dapatkan dari fitur report di CMS yang kita gunakan. Dari data yang kita terima ini, kamu bisa tahu produk jualan online paling laris, produk seperti apa yang di cari dan di sukai pelanggan, kapan penjualan kamu naik, dan kapan penjualan sedang lesu.

Data untuk promosi dan marketing, Data yang satu ini pastikan kamu sudah menginstall google analytics dan google tag manager di website.

Dari google analytics, kamu bisa memantau performa website secara keseluruhan. Siapa calon pelanggan anda? Dimana mereka tinggal? halaman mana saja yang paling banyak di buka oleh pelanggan toko online? Channel marketing apa yang paling efektif?

Tidak hanya itu, Google analytics juga bisa melakukan tracking data khusus untuk bisnis. Kamu juga bisa melihat performa website kompetitor dalam satu industri yang sama, mengetahui kata kunci populer, mengetahui faktor yang menyebabkan user meninggal web, dan mengetahui waktu tepat untuk mengirimkan email.

Conten marketing

Conten marketing adalah sebuah teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Namun bukan sembarang konten yang di buat. Melainkan konten relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik audiens dalam jangka panjang.

Hal inilah yang membuat penggunaan content marketing bisa menjadi salah satu tips jualan online yang wajib kamu coba.

Dari sini semakin bagus konten yang kamu buat, semakin besar juga kemungkinan usaha kamu akan di temukan oleh calon pelanggan lewat google.

Aktif di media sosial

Walau sudah ada website dan blog, jangan lupakan kekuatan media sosial untuk menjual barang yang ingin kamu pasarkan.

Media sosial merupakan pintu pertama pekenalan produk kamu dengan para pelanggan baru. Setelah mengetahui dan mengenal bisnis lebih dekat, mereka akan tertarik untuk lebih mengenal produk kamu.

Email marketing

Ke pelanggan kamu wajib juga menggunakan email marketing untuk hanya sekedar mengirimkan produk baru kamu ke pelanggan melalui email yang mereka daftarkan.

Sekarang ini banyak pangguna menggunakan alamat email untuk bisa mengoprasikan perangkat handphone mereka.

Jadi secara tidak langsung saat menerima email mereka akan mendapatkan pembertahuan dari notifikasi di perangkat pintar mereka.

Namun jangan terlalu bernafsu untuk mengirimkan pesan email ke banyak pengguna takutnya email kamu di anggap spam.

Manfaatkan marketing dari mulut ke mulut

Perlu kamu ketahui jika apa kata orang sangat mempengaruhi sebuah bisnis itu berjalan dengan baik atau tidak.

Itulah sebabnya banyak sekali para pebisnis yang rela membayar mahal selebgram dan key opinion leader untuk bicara bagus soal bisnisnya?

Tips ini bisa kamu coba agar jualan online kamu semakin laris dengan memanfaatkan word of mouth marketing.

Iklan dari facebook, youtube, instagram, tiktok

Media sosial sangat penting pengaruhnya dalam bisnis, Beriklan di media sosial merupakan langkah strategis dan bisa lebih menghasilkan. Bahkan, yang di dapat bisa jadi lebih besar dari pada beriklan lewat google ads.

Dari google ads para pelanggan sudah mengetahui apa yang mereka inginkan dan jika di media sosial iklan akan tampil sesuai dengan segmentasi pasar yang anda buat.

Promo

Siapa di dunia ini yang tidak menyukai sebuah promo? pastinya tidak ada yang tidak menyukai sebuah promo.

Jadi jelas sudah jika semua orang sangat menyukadi promo. dan itu pula alasannya, anda perlu memasukkan promo dan diskon dalam strategi marketing Anda.

Deskripsi produk yang unik

Deskripsi produk yang unik bisa juga mempengaruhi laris atau tidaknya jualan online yang yang sedang kamu lakoni.

Copywriting akan menjadi sebuah pelangkap semua usaha promosi yang sudah anda lakukan. Dengan kalimat promosi dan copy yang persuasif, anda dengan mudah bisa menjangkai sisi emosional para pelanggan.

Pelajari SEO

Selain dengan iklan, ternyata banyak para pebisnis yang menerapkan teknik SEO agar website jualan mereka selalu tampil di halaman pertama pencarian google.

Teknik ini sangat mudah untuk kamu pelajari namun hal yang paling wajib kamu miliki sebelum kamu mempelajari SEO adalah website toko online.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mempelajari SEO karena jika website kamu tampil di halaman pertama google dalam pencarian.

Maka akan banyak orang yang langsung membeli produk yang kamu jual.

Sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari mempelajari TEKNIK SEO yang mereka terapkan untuk website jualan mereka.

Dan banyak juga yang menghasilkan puluhan juta rupiah dari bisnis online mereka dengan hanya mendapatkan orderan dari google.

Untuk mempelajari SEO kamu bisa belajar di Belajar SEO Online Dari Rumah


Discussion